Penjelasan Tentang Manga

Kata “manga” berasal dari kata bahasa Jepang, Huruf pertama adalah (man) yang artinya “aneh atau dadakan” dan  (ga) yang artinya “gambar”.

mangadop

Kata ini termasuk menjadi akar untuk kata bahasa Korea (manhwa) dan kata bahasa Mandarin (manhua) untuk komik.

Manga  adalah komik atau novel grafik yang dibuat di Jepang atau memanfaatkan bhs Jepang, cocok bersama style yang dikembangkan di sana terhadap akhir abad ke-19.

Manga punyai histori awal yang panjang dan kompleks didalam seni Jepang terdahulu.

Dalam bhs Jepang, “manga” mengacu terhadap semua jenis kartun, komik, dan animasi. Bagi para penutur bahasa Inggris, “manga” punyai arti yang lebih sempit yakni “komik Jepang”, bersamaan bersama penggunaan “anime” di didalam dan di luar Jepang.

Bagi lebih dari satu orang, membaca komik maupun mangadop adalah hobby yang sangat menyenangkan. Betapa tidak dicermati dari aspek cerita maupun gambar semuanya nampak lucu dan menarik. Tidak  heran banyak anak anak kala datang ke toko buku, cuma rak anggota komik dan anime saja yang menjadi sasaran mereka.

Namun terhadap kenyataanya komik dan anime digemari semua kalangan di dunia, terasa dari anak, remaja sampai orang dewasa

Ternyata manga punyai banyak kelebihan, yang apalagi bisa dijabarkan didalam 5 poin keunggulan, jikalau diperbandingkan bersama anime. Berikut 5 poin kelebihan manga itu:

1.Mengikuti cerita didalam manga lebih singkat daripada anime yang per-episodenya merupakan bagian2 dari satu seri manga.

2.Membaca manga lebih menghemat waktu daripada menonton anime. Biasanya kami perlu waktu yang lama menonton anime, sebab tiap episodenya berdurasi kurang lebih 30-40 menit. Kalau kami membaca manga paling2 diperlukan waktu 5-10 menit atau kurang tiap-tiap chapternya, terkait kecepatan kami membaca.

3.Membaca manga lebih menghemat kuota daripada streaming/download anime.

4.Membaca manga bisa ditunaikan sambil mendengarkan Radio, musik, apalagi lebih bagus jikalau sambil mendengarkan pelajaran, ataupun waktu berada didalam perjalanan.

5.Membaca manga bisa ditunaikan waktu mati listrik/tidak wajib listrik. Karena manga tidak perlu aliran listrik, tidak seperti perangkat2 elektronik yang perlu listrik untuk pengoperasiannya.