Pengertian dan Tugas Bhabinkamtibnmas

Bhabinkamtibnmas itu adalah Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat.Berdasarkan keputusan kepala kepolisian negara republik indonesia,tentang sebutan bhabinkamtibmas (bintara pembina khamtibmas) menjadi bhabinkamtibmas (bhayangkara pembina khamtibmas) dari tingkat kepangkatan brigadir sampai dengan inspektur.Tugas pokok bhabinkamtibmas adalah mengikuti pembinaan dalam masyarakat,deteksi dini dan mediasi/negoisasi agar tercipta kondisi kondusif di desa/keluarahan.

Dalam melakukan tugas pokok tersebut,Bhabinkamtibmas meklakukan segala pembinaan terhadap warga desa binaannya.

www.kompolmas.tv

“Tugas kami diantaranya kunjungan dari rumah kerumah warga diseluruh wilayah penugasnya,membantu pemecahan masalah warganya,melakukan deteksi dini atau pun terjadinnya tindak pidana,memberikan perlindungan sementara kepada orang yang tersesat,korban kejahatan,ikut serta dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan wabah penyakit serta memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas berkaitan dengan permasalahan kabtimas dan pelayanan polri.

Membina masyarakat agar tercipta kondisi yang menguntungkan bagi pelaksanaan tugas polri did esa/kelurahan susuai rumusan tugas pokoknya.maka lingkup tugas bhabinkamtibmas meliputi:

a. melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya untuk dapat meingkatkan partisipasi masyarakat kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang undangan yang berlaku
b.selalu mengikutikegiatan kerjasama yang baik dan harmonis dengan tokoh masyarakat,tokoh pemuda,tokoh agama,toko adat dan para sesepuh yang ada di desa atau kelurahan
c. melakukan pendekatan dan membangun kepercayaan terhadap masyarakat
d. melakukan upayah mencegah tumbuhny penyakit masyarakat dan membantu penanganan rehabilitas yang tertunggu
e. melakukan upaya peningkatan daya tangkal dan daya cegah masyarakat terhadap timbulnya gangguan kamtibmas
f. membimbing masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam rangka pembinaan kabtimbamas secara swakrsa di desa/kelurahan.
g. mengikuti kegiatan kegiatan tertentu didalam masyarakat dan kemitraan dengan potensi masyarakat dan kelompok atau forum kamtibmas guna mendorong peran serta masyarakat dalam binkamtibmas dan dapat mencari solusi dalam penganan permasalahan atau potensi gangguan dan ambang gangguan yang terjadi dimasyarakat agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata kamtibmas.
h. menumbuhkan kesadaran dan ketaatan terhadap hukum dan perundang undangan
i. memberikan bantuan dalam rangka penyelesaina persilihan warga masyarakat yang dapat menggangu ketertiban umum