Mengenal Software Akuntansi dan Manfaatnya

Secara sederhana, software akuntansi bisa dipahami sebagai seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung aktivitas akuntansi dengan berbasis modularitas yang saling terintegrasi meliputi modul pembelian (account payable), penjualan (account receiveable), penggajian, buku besar, dan lain-lain. Aplikasi ini bisa saja merupakan pengembangan tersendiri oleh perusahaan atau dengan menggandeng kerja sama pihak ketiga untuk menyediakan layanannya.

www.acisindonesia.com

Sedangkan untuk tujuannya, software akuntansi terbaik mampu memudahkan anda dalam menyusun laporan akuntansi keuangan yang berbentuk neraca (balance sheet), laporan rugi-laba (profit lost statement), laporan posisi keuangan (cashflow), sampai membuat laporan akhir. Tentu anda juga harus melakukan input awal sebagai data yang nantinya harus diproses oleh aplikasi ini. Anda harus menyusun perkiraan atau ledger dengan nama dan kode yang jelas. Nantinya, setiap ledger harus mempunyai pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan, seperti ledger untuk neraca, rugi laba, cost pabrikasi, dan manufaktur.

Software akuntansi bekerja berdasarkan input secara real-time dari berbagai divisi atau modul yang sudah diintegrasikan sebelumnya. Jadi anda tidak harus menunggu berminggu-minggu lagi untuk bisa mendapatkan laporan laba-rugi (sebagai contoh). Setiap transaksi yang berjalan di perusahaan mula dari penjualan, pembelian, produksi, stok opname, pengeluaran biaya, dan penghasilan akan otomatis masuk ke dalam jurnal dan diperbarui setiap saat. Tentu hal ini sangat menolong anda dalam menentukan langkah selnjutnya dalam menyesuaikan perusahaan anda. Lalu apa saja kegunaan penggunaan software akuntansi?

Ada berbagai kegunaan yang bisa anda dapatkan dengan menerapkan software akuntansi dalam perusahaan anda seperti:

  1. Anda akan dimudahkan dalam pengerjaan laporan keuangan dalam waktu singkat. Tentu anda sendiri mengerti jika laporan keuangan adalah aspek yang sangat viyal bagi perusahaan anda.
  2. Anda juga akan terhindar dari kesalahan perhitungan karena faktor human error.
  3. Anda harus melakukan perbaikan kesalahan input data hanya pada modul yang ditemukan kesalahan saja tanpa harus mengulangi semua perhitungan dari awal.
  4. Meningkatkan efisiensi pekerjaan dan produktivitas perusahaan karena semua sistem akuntansi sudah berjalan secara otomatis.
  5. Mendukung anda dalam menentukan cara atau keputusan yang akan diambil. Hal tersebut karena software akuntansi selamanya menyajikan data yang akurat dan tetap diperbarui.
  6. Memantau kesehatan pasar secara global.

Dengan begitu banyak kegunaan yang ditawarkan, mungkin anda tambah yakin untuk mengaplikasikan software akuntansi di perusahaan anda.