Memahami Dasar Kredit Analisis

Bisnis

Seiring perkembangan zaman, pengajuan kredit tentu saja memperhatikan beberapa faktor agar terhindar dari kredit macet. Hal ini menjadi pertimbangan bagi bank sebelum memberikan putusan kepada calon debitur. Untuk itulah penting bagi Anda memahami dasar Kredit Analisis untuk menyetujui atau menolak.

www.idscore.id

Memahami Dasar Kredit Analisis

Sejauh ini kebanyakan orang mengetahui analisis kredit cuma sebatas mengecek BI Checking. Padahal BI Checking hanya salah satu dari bagian analisis berdasarkan prinsip 5C sebagai berikut:

  1. Character

Prinsip ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian calon debitur yang dapat dilihat dari hasil wawancara. Biasanya customer service akan mewawancarai calon debitur yang ingin mengajukan kredit. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu latar belakang, pola hidup calon debitur, dan lainnya.

  1. Capacity

Prinsip ini bertujuan untuk mengetahui calon debitur dalam menjalankan keuangan, sebagai karyawan ataupun pengusaha. Sangat penting bagi bank mengetahui calon debitur pernah mengalami masalah keuangan atau tidak. Ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan calon debitur perihal pembayaran kredit saat pengajuan kredit.

  1. Capital

Ini berkaitan dengan kondisi aset dan kekayaan yang dimiliki calon debitur, khususnya yang berstatus sebagai pengusaha. Capital biasanya akan dinilai dari laporan tahunan milik calon debitur. Hal inilah yang dapat menentukan layak atau tidaknya calon debitur serta berapa besar kredit yang diberikan.

  1. Collateral

Prinsip ini wajib diperhatikan calon debitur jika mereka tidak bisa membayar cicilan kredit. Seandainya hal buruk ini terjadi, sesuai ketentuan yang ada, pihak bank akan menyita semua aset yang dijadikan sebagai jaminan.

  1. Condition

Prinsip ini akan dipengaruhi faktor diluar bank, seperti kondisi perekonomian suatu negara sangat berpengaruh dalam prinsip ini. Prinsip kehati-hatian ini wajib di analisis sebagai potensi risiko terjadinya gangguan pemasukan bagi calon debitur yang diakibatkan kondisi ekonomi.

Untuk itulah, IdScore hadir untuk membantu Anda dalam pengajuan kredit, dengan latar belakang pengalamannya dalam bidang pemeringkatan dan pengelolaan data. Serta didukung oleh infrastruktur modern serta teruji membuat produk IdScore siap membantu Anda dalam melakukan pengelolaan risiko kredit yang lebih akurat serta terukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *