Cara Cek Kualitas Atap Baja Ringan Sebelum Membelinya

Bisnis

Baja ringan memang sudah diakui kualitas dan mutunya sebagai material struktur bangunan. Dimana bahan ini memang sering dipakai untuk pembuatan atap baja ringan karena berbagai kelebihannya. Kelebihan tersebut antara lain hemat biaya, mudah dipasang, mudah dibentuk, tahan rayap, tahan karat serta bisa didaur ulang. Namun harga atap baja ringan memang lebih mahal sehingga anda perlu cermat menghitung budget konstruksi sebelum anda membeli baja ringan tersebut.

renovatap.com

Tentunya dengan harga baja ringan yang tidak murah, anda tidak ingin tertipu oleh baja ringan abal-abal. Untuk memastikan kualitas atap baja ringan tersebut maka anda bisa melihat dari nilai tegangan tarikan 550Mpa dan jika kurang dari itu maka baja ringan sulit menopang beban atap. Supaya anda lebih mudah memperoleh atap baja ringan berkualitas maka berikut ini akan diberikan beberapa cara mengecek kualitas material atap tersebut.

  1. Lapisan Korosi
    Setiap atap baja ringan pasti dilapisi dengan lapisan anti korosi yang terdiri dari beberapa jenis seperti lapisan zinc serta lapisan aluminium zin atau galvalume. Harga baja ringan berlapis zinc memang lebih murah tapi tidak tahan terhadap air garam. Sedangkan lapisan galvalume tidak tahan pada campuran semen.
  2. Ketebalan Lapisan Anti Korosi
    Ketebalan lapisan anti korosi ternyata berpengaruh pada kekuatan baja tersebut untuk menopang beban. Untuk lapisan galvalume minimal 150gram/meter persegi dan lapisan galvanis minimal 180 gram/meter persegi. Bila kurang dari nilai tersebut maka baja ringan lebih cepat rusak.
  3. Bracing System
    Baja ringan memang kuat namun mudah melengkung sehingga perlu menggunakan penyangga atau bracing system. Dimana jumlah penyangga tersebut juga harus disesuaikan dengan jumlah baja ringan yang anda beli. Bila perlu silakan konsultasikan terlebih dahulu dengan penjual baja ringan untuk memperoleh bracing yang tepat.
  4. Garansi
    Ketika anda membeli baja ringan pastikan pihak toko tidak ragu memberikan garansi. Dimana granasi tersebut tidak hanya berupa garansi pemakaian, instalai tetapi juga garansi produksi. Produk yang bergaransi biasanya sudah melalui proses uji coba berteknologi tinggi sehingga sudah memenuhi standar keamanan dan mutu.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara cek kualitas atap baja ringan yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Informasi di atas bisa membantu anda ketika akan memilih atap baja ringan yang berkualitas. Sehingga selain harga atap baja ringan anda bisa mempertimbangkan hal lain yang semakin meyakinkan anda untuk memperoleh atap baja ringan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *