Beberapa Janis Audit Yang Ada Saat Ini

Bisnis

Tenaga kerja audit merupakan seorang yang bekerja untuk perusahaan. Guna untuk mambantu memenuhi suatu kebutuhan dalam proses evaluasi di setiap perusahaan. Proses evaluasi tersebut memiliki fungsi untuk mendapatkan hasil laporan yang baik dan berkualitas. Sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

https://auditakuntansi.com/

Seorang tenaga kerja audit sendiri memang memiliki keahlian khusus. Yang mana sudah memiliki banyak pengalaman, serta pengetahuan. Di bidang penyusunan laporan keuangan, maupun proses evaluasi analisis di setiap penyusunan laporan. Dengan kemampuan tersebut, seorang penyedia jasa audit dapat menguasai berbagai jenis audit.

Tergantung dari keinginan setiap perusahaan. Lantas apa saja Jenis-jenis audit yang sudah ada hingga saat ini? Berikut informasi detailnya!

Beberapa Janis Audit Yang Ada pada Jasa Audit Saat Ini

  1. Ditinjau Dari Segi Luas Pemeriksaan
  • “General Audit” atau Pemeriksaan Umum

General audit merupakan pemeriksaan secara umum mengenai laporan keuangan. Yang bisa dilakukan oleh kantor akuntan public. Dengan maksud untuk memenuhi kewajiban dalam menyusun laporan keuangan secara menyeluruh.

  • “Special Audit” atau Pemeriksaan Khusus

Sesuai dengan namanya, pemeriskasaan khusus merupakan bentuk pemeriksaan yang bersifat terbatas. Untuk permintaan audit yang biasa dilakukan oleh kantor akuntan publik. Dengan maksud untuk mendapatkan laporan keuangan yang diaudit. Seperti halnya suatu pemeriksaan untuk kas perusahaan.

  1. Ditinjau Dari Jenis Pemeriksaan
  • “Managemen Audit” Audit Operasional

Audit operasional merupakan suatu pemeriksaan terhadap operasi dalam perusahaan. Yang sudah mencakup mengenai kebijakan akuntansi secara operasional. Dan sudah ditetapkan oleh pihak managemen. Dengan maksud untuk mengetahui apakah kegiatan sudah dilakukan secara efektif.

  • Pemeriksaan Ketaatan

Merupakan sebuah pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk megetahui kembali mengenai ketaatan perusahaan. Mengenai suatu kebijakan yang berlaku, entah itu dari pihak intern maupun ektern perusahaan.

  • Pemeriksaan Internal

Pemeriksaan internal merupakan suatu pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh bagian audit perusahaan. Yang mencakup mengenai beberapa laporan keuangan. Entah itu catatan akuntansi, maupun ketaatan terhadap kebijakan perusahaan.

  • Audit Komputer

Audit computer merupakan suatu pemeriksaan yang biasa dilakukan oleh kantor akuntan publik. Untuk perusahaan yang melakukan data kauntansi berupa sistem EDP atau “Electronic Data Processing”.

Itulah beberapa jenis audit yang ada di jasa audit internal saat ini. Jenis–jenis tersebut merupakan suatu keahlian tenaga kerja audit, yang bisa dikatakan sebagai tenaga kerja yang professional. Mapun tenaga kerja yang berkualitas tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *