Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Bisnis

Kita ketahui bersama kalau atap rumah merupakan sebuah elemen penting sebagai pelindung rumah dari cuaca panas, dingin, hujan. Pemasangan atap rumah harus dipadukan dengan rangka sebagai penopangnya. Kontruksi rangka atap rumah biasanya terdiri dari beberapa jenis yaitu baja, kayu dan baja ringan.

menghitung baja ringan

Pada zaman teknologi ini material baja ringan sedang naik daun. Atap yang berbahan baja ringan ini memiliki kelebihan seperti memiliki bobot yang lebih ringan. Hasilnya proses pemasangan rangka atap lebih mudah dan sangat kokoh untuk menahan berbagai jenis atap yang digunakan.

Apabila anda ingin memasang baja ringan untuk kontruksi rangka atap maka silahkan simak penjelasan berikut ini :

  1. Menyesuaikan rangka baja ringan dengan model atap yang digunakan

Menghitung baja ringan yang akan digunakan dapat disesuaikan dengan variasi atap rumah anda. pembentukan rangka ini harus disesuaikan dengan berat beban tumpuan. Untuk memastikan kekuatan rangka atap baja ringan maka anda membuat jarak yang rapat antar baja ringan. Hal ini bertujuan untuk menopang beban dengan maksimal.

  1. Menyesuaikan jenis penutup atap dengan rangka baja ringan

Walau anda menggunakan rangka baja ringan, namun anda juga dapat menggunakan penutup atap menggunakan bahan dasar logam. Dalam hal ini anda bebas menggunakan berbagai jenis penutup atap seperti kramik, beton, asbes dan kaca. Anda harus menyesuaikan penutup atap, karena sebakin berat maka anda harus menggunakan baja ringan lebih banyak.

  1. Kualitas baja ringan

Untuk menentukan kualitas baja ringan dapat dilihat dari tegangan tarikan. Baja ringan yang bagus memiliki tegangan tarikan 550 Mpa. Hasilnya baja ringan dapat menopang berbagai jenis atap yang anda gunakan.

Selain itu menghitung baja ringan juga dapat menggunakan SAE. Baja ringan yang bagus memiliki SAE 980. Jadi perlu anda ketahui bahwa semakin kecil tegangan maka tarikan baja ringan juga rendah. Hal ini dapat mempengaruhi kekuatan untuk menahan beban.

Demikianlah beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika ingin membeli material baja ringan untuk membangun atap rumah. Semoga sedikit penjelasan ini dapat membantu anda dalam memilih baja ringan yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *