Aspek Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Teks Eksplansi

Bisnis

Eksplanasi merupakan salah satu teks bahasa Indonesia yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana proses suatu perkara atau fenomena dapat terjadi. Dalam contoh teks eksplanasi dijelaskan tentang pernyataan kausalitas yakni sebab dan akibat sehingga teks eksplanasi ini hanya bersifat informatif saja yakni bukan bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar percaya tentang sesuatu yang diinformasikan tersebut.

rumusrumus.com

Dalam menulis contoh teks eksplanasi tentu pasti ada langkah-langkah yang harus dipahami. Langkah-langkah tersebut memuat tentang prosedur tentang bagaimana cara membuat teks eksplanasi sesuai dengan kaidah, ciri-ciri dan juga struktur dari teks eksplanasi tersebut. Selain itu dalam penulisan teks eksplanasi harus memperhatikan hal-hal yang menjadi penunjang dalam pembahasan. Berikut aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menulis teks eksplanansi:

  1. Gagasan utama

Disebut juga dengan pikiran utama yakni aspek yang dikembangkan menjadi paragraph yang padu yang dinyatakan dalam kalimat topik. Adapun gagasan utama ini adalah sebagai pengendali dari keseluruhan paragraph.

  1. Kalimat utama

Yakni paragraf yang mengandung pokok pikiran. Pokok pikiran tersebut dituangkan dalam sebuah kalimat utama yang juga disebut dengan kalimat pokok.

  1. Kalimat penjelas

Yakni kalimat yang fungsinya sebagai penjelas dari kalimat utama. kalimat ini berisi pikiran penjelas yang diwujudkan berupa seperti merinci, menjelaskan, membandingkan atau memberikan contoh.

  1. Unsur-unsur paragraf

Suatu paragraf dikatan baik jika memenuhi unsur-unsur yang membangun paragraf. Adapun unsur-unsur paragraf tersebut adalah pertama kesatuan koherensian yakni keserasian antar unsur kalimat. Yang kedua yakni kohesi atau kepaduan bentuk anatara  proposisi satu kalimat dengan dengan kalimat lainnya. yang ketia yakni kelengkapan paragraf, mencakup kalimat penjelas yang menjelaskan kalimat utama atau topik. Yang keempat adalah diksi atau pemilihan kata yang tepat mencakup kecocokan kata-kata mana yang tepat untuk dipakai menyampaikan suatu gagasan. Yang kelima yakni ejaan dan tanda baca yakni keseluruhan peraturan tentang bagaimana penulisan huruf, penulisan kata dan pemakaian tanda baca yang benar sesuai dengan EYD.

Dalam penyusunan contoh teks menurut rumusrumus.com ini memang harus memperhatikan aspek-aspek tersebut agar teks yang dibuat tersebut tersusun secara logis dan sistematis. Jika teks tersusun secara sitematis dan juga logis tentu akan memudahkan pembaca dalam memahaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *