Terapi Sederhana Gejala Psikomatis

Kesehatan

Saat ini sudah banyak orang yang kerap mengeluh sakit tetapi sesudah diperiksa, dokter tidak menemukan penyebab secara pasti dari penyakit yang diderita. Jadi, rasa sakti tersebut sebenarnya bukanlah masalah fisik meski orang tersebut merasakan ada yang bermasalah di fisiknya.

erlinahappyplay.com

Sebenarnya gejala tersebut berasal dari masalah psikisnya. Masalah-masalah emosional adalah penyebab utama dari munculnya penyakit fisik. Itulan kenapa orang yang memiliki masalah psikis tidak dapat disembuhkan secara tuntas dengan pengobatan fisik semata, tetapi haris menjalani therapy psikomatis. Secara sederhananya, orang yang mengalami gejala sakit fisik tapi tidak terindikasi ketika diperiksa dokter adalah gejala psikosomatis yang merupakan gangguan psikis yang membuat munculnya gangguan fisik.

Psikosomatis atau bisa disebut dengan somatisasi merupakan gangguan psikis yang muncul dengan bentuk berupa gejala fisik. Atau, dapat dibilang jika psikosomatis ini adalah penyakit fisik disebabkan oleh program di pikiran negatif atau masalah-masalah emosi, seperti stress, kecewa, cemas, depresi, rasa bersalah, rasa berdosa, dan masih banyak lagi.

Gejala yang kerap dikeluhkan oleh seseorang yang menderita psikosomatis adalah keluhan di organ lambung, perasaan yang tidak nyaman, jantung berdebar, nyeri diotot, kesemutan, dan sesak napas. Gejala psikosomatis merupakan masalah psikis yang bisa berdampak buruk pada tubuh manusia. Jadi, salah satu upaya mengatasi atau mengobati gejala psikosomatis ialah dengan mencintai tubuh Anda. Acapkali kita lupa jika anugerah Tuhan yang luar biasa adalah tubuh kita. Setiap hari kita gunakan tetapi jarang sekali diperhatikan. Mencintai diri sendiri bisa disebut dengan terapi paling sederhana untuk mengatasi gejala ini. Tidak hanya itu, Anda bisa membuat rencana jangka pendek, semisal kegiatan yang akan dilakukan untuk mengurangi pikiran-pikiran buruk.

Terapi paling sederhana selanjutnya adalah, jangan biarkan Anda tidak melakukan apa-apa dalam waktu yang lama. Carilah kesibukan seperti dengan menikmati hobi yang mudah untuk dilakukan. Kemudian, Anda bisa mengikuti yoga agar pikiran lebih rileks. Dengan demikian gejala psikosomatis bisa diminimalisir. Sekian dari kami, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *